Tempat Nongkrong dan Wisata di Sumedang

  • Whatsapp
Perkebunan Teh Margawindu
Perkebunan Teh Margawindu

Tempat Nongkrong dan Wisata di Sumedang – Siapa sih yang tidak ingin jalan-jalan berwisata? Setiap orang sangat senang jika diajak berliburan ke suatu tempat wisata yang menyenangkan. Tempat wisata yang menyenangkan bagi setiap orang berbeda-beda. Ada sebagian orang yang hobi jalan-jalan ke tempat wisata yang alami berupa pegunungan. Ada pula orang yang lebih suka berwisata ke tempat wisata yang ada kolam renang dan tempat makannya.

Salah satu daerah di Jawa Barat yang mempunyai banyak objek wisata pegunungan dan kolam air adalah Sumedang. Sumedang adalah nama salah satu kabupaten di Jawa Barat yang berbatasan dengan Kabupaten Garut, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu dan Kota Bandung. Ciri khas daerah kabupaten Sumedang adalah tahu sumedang dan jalan cadas pangeran.

 

Tempat Nongkrong dan Wisata di Sumedang

Sumedang mempunyai alam yang subur. Mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Daerah Sumedang yang masih alami ini mempunyai segudang tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi. Berikut ini sejumlah tempat nongkrong dan wisata di Sumedang, antara lain :

1.Kampung Toga

Kampung Toga
Kampung Toga

Salah satu objek wisata yang sangat terkenal di Sumedang adalah Kampung Toga. Tempat wisata favorit ini sangat disukai oleh kalangan anak-anak. Karena di tempat wisata ini disediakan wahana kolam renang yang sangat luas dengan berbagai ukuran ketinggian yang sangat lengkap. Ada kolam renang khusus anak-anak, khusus remaja dan dewasa.

Selain menyediakan arena wisata kolam renang, Kampung Toga juga menyediakan wahana wisata sawah, sungai dan kebun  yang terangkum dalam Kampung Tanaman Obat. Kemudian ada wahana wisata outbound dan inbound, wisata bersepeda gunung, gantole, menaiki perahu, memancing, paint ball, joging, hiking, arum jeram dan paralayang.

Kampung Toga terletak di Desa Sukajaya dan tak terlalu jauh dari pusat kota Sumedang. Pada hari libur, tempat wisata ini selalu dipenuhi para pengunjung yang datang dari berbagai daerah di Jawa Barat. Tersedia pula akomodasi penginapan yang murah bagi kamu yang ingin beristirahat di Kampung Toga dalam beberapa hari.

 

2.Curug Cigorobog

Curug Cigorobog
Curug Cigorobog

Tempat wisata lain di Sumedang yang sekaligus bisa dijadikan tempat nongkrong bersama keluarga dan teman-teman adalah Curug Cigorobog. Yang menjadi keindahan tempat wisata ini adalah air terjunnya yang indah mempesona dan alami. Penduduk sekitar menamakannya dengan air terjun Cigorobog yang bertingkat-tingkat.

Lokasi Curug Cigorobok terdapat di kawasan hutan kota Sumedang. Tepatnya di Desa Citengah Sumedang Selatan Kab Sumedang Jawa Barat. Tiket masuk ke lokasi ini sebesar RP 3 ribu. Cukup murah bukan? Dengan uang segitu kamu akan menikmati keindahan Curug Cigorobog sepuasnya. Sehabis wisata di tempat ini, kamu bisa meneruskan berwisata di Kampung Karuhun karena jaraknya yang masih berdekatan.

 

3.Agrowisata Kampung Naggorak

Agrowisata Kampung Nangorak
Agrowisata Kampung Nangorak

Tuhan memberikan karunia kepada penduduk Sumedang tanah yang subur dan keindahan alam yang alami. Pegunungan, hutan dan sungai yang alami. Agrowisata Kampung Nanggorak menawarkan wisata alami yang mempesona berupa keindahan pemandangan pegunungan yang dirimbuni oleh pepohonan. Lengkungan tanah sawah yang berdekatan dengan pegunungan Tampomas menambah keindahan. Berwisata ke lokasi ini akan membuat kamu sehat secara lahir dan batin. Untuk tiba di lokasi wisata ini, kamu mesti berjalan melelahkan yang membuat kamu mengucurkan keringat.

 

4.Curug Sabuk

Curug Sabuk
Curug Sabuk

Sumedang tak pernah habis dengan tempat wisata curugnya. Salah satunya Curug Sabuk. Di tempat wisata ini, kamu akan mendapatkan pemandangan alam yang asri dan memukau berupa air terjun yang mempunyai ketinggian. Curug Sabuk berada di dusun Nangorak Desa Margamekar Sumedang Selatan Kab Sumedang daerah Gunung Kareumbi dan Taman Buru Gunung Masigit.

 

5. Wisata Pangjugjugan

Wisata Pangjugjugan
Wisata Pangjugjugan

Tempat wisata alternatif di daerah Sumedang adalah wisata alam Pangjugjugan. Pangjugjugan adalah sebuah desa yang disulap menjadi tempat wisata. Adapun wisata yang ditawarkan adalah keindahan alamnya yang sangat asri dan alami. Ada beberapa wahana wisata lainnya untuk meramaikan liburan kamu seperti paparahuan, naik kuda, becak mini, Flying fox, kolam renang, bermain futsal, curug, batu refleksi, terapi ikan, makan secara lesehan, taman bermain anak dan playground.

Disamping itu, terdapat juga arena ekowisata berupa memancing, pelatihan, outbound, sekolah alam, peternakan sapi potong, sapi perah, kambing, kelinci dan unggas. Untuk masuk ke lokasi tempat wisata Pangjugjugan dikenakan tarif Rp 5 ribu per orang.

 

6.Sumber Air Panas Sekarwangi

Sumber Air Panas Sekarwangi
Sumber Air Panas Sekarwangi

Sekarwangi adalah salah satu desa yang berada dalam naungan kecamatan Buah Dua Sumedang. Kamu bisa menikmati wisata sumber air panas Sekarwangi yang bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Misalkan melancarkan sirkulasi darah, mengobati sakit, mengobati rematik kulit dan menghilangkan gatal-gatal.

 

7.Perkebunan Teh Margawindu

Perkebunan Teh Margawindu
Perkebunan Teh Margawindu

Di kawasan Citengah, kamu juga bisa berwisata di Perkebunan Teh Margawindu. Kamu akan mendapatkan hamparan perkebunan teh yang hijau dan luas. Wisata ini menawarkan kesegaran pikiran dan ketenangan batin bagi kamu. Apalagi kamu berkunjung ke tempat wisata ini pada waktu pagi hari yang benar-benar udaranya masih sangat bersih dan segar.

8.Wisata Kuliner

Setelah puas dengan berwisata dengan melihat pemandangan alam yang asri dan alami, mungkin kamu merasa lapar. Sumedang juga mempunyai wisata kuliner yang cukup terkenal yakni wisata kuliner Tahu Sumedang dan Soto Bongko. Tahu Sumedang banyak dijajakan di pinggir jalan Kota Sumedang. Rasanya yang gurih dan nikmat. Begitupula Soto Bongko khas Sumedang mempunyai rasa yang lebih gurih dan nikmat. Kamu bisa menikmati wisata kuliner tahu Sumedang atau Soto Bongko di kawasan pasar Sumedang atau alun-alun Sumedang.

9.Mendaki Gunung Tampomas

Salah satu wisata favorit di Sumedang yang banyak disukai kalangan anak muda adalah mendaki gunung Tampomas. Wisata ini sangat digandrungi oleh banyak para pecinta alam di berbagai daerah di Indonesia. Seperti Bandung, Sumedang, Garut, Majalengka, Cirebon, Sukabumi, Jakarta, Tasikmalaya, Subang, dan lain-lain.

10.Situ Cilembang

Obyek wisata yang pernah populer dan viral di Sumedang adalah Situ Cilembang. Tempat wisata ini terletak di Desa Hariang Kecamatan Buah Dua Kab Sumedang. Kamu akan disuguhi pemandangan alam yang elok dan menawan. Kamu akan dihadapkan pada sebuah danau yang sangat luas laksana kristal jernih berwarna kebiruan. Kamu akan merasakan keagungan Tuhan Yang Maha Pencipta. Tiket masuk ke Situ Cilembang sebesar Rp 2 ribu.

11.Gunung Kunci

Salah satu tempat wisata sejarah yang sangat menonjol di kota Sumedang adalah Gunung Kunci. Di tempat ini, kamu akan mengenang suasana pada jaman penjajahan Belanda. Gunung Kunci merupakan benteng yang dibangun oleh pemerintahan Belanda. Di dalamnya terdapat beberapa ruangan dan lorong dengan peruntukkan tersendiri pada jamannya.

Demikian beberapa saja tempat nongkrong dan wisata di Sumedang yang bisa kamu jelajahi satu persatu. Bagaimana kamu tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Sumedangtersebut? Semoga bisa menambah referensi bagi kamu yang hendak berwisata ke daerah Sumedang Jawa Barat.

Baca juga: Tempat wisata di Jakarta

Related posts